BERITA DAERAH

Bupati Banyuwangi Resmikan Jembatan Di Karanganyar, Berharap Bisa Pulihkan Dan Tingkatkan Ekonomi Masyarakat

Metrolidik.co.id

Banyuwangi.,metrolidik.co.id ~ Bupati Banyuwangi Hj. Ipuk Fiestiandani, S.Pd. meresmikan tiga Jembatan diwilayah kecamatan Kalibaru. Dua diantaranya yakni di dusun Krajan Gualan dan di dusun Karanganyar, desa Kajarharjo pada Juma’at ( 22/12/2023 ) sore sekira pukul 15.35 Wib. Peresmian  tersebut di awali dengan santunan anak yatim piatu dan dilanjutkan dengan peguntingan pita yang dihiasi bunga.

Di kesempatan itu, Bupati Banyuwangi Hj. Ipuk Fiestiansani, S.Pd pada sambutannya menyampaikan  keberadaan jembatan tersebut diharapkan bisa mendukung aktivitas masyarakat untuk meningkatkan perekonomian.

“Ini merupakan kebahagiaan dan kebanggaan bagi masyarakat dusun Karanganyar desa Kajarharjo. Dengan selesainya pembangunan jembatan ini, akan membuka kembali akses lebih luas bagi masyarakat dalam menggerakkan roda perekonomian, yang pada akhirnya bisa menumbuhkan kesejahteraan masyarakat,” ucap Bupati Ipuk.

Disebutkan Bupati, pembangunan jembatan tersebut merupakan bukti kerja dari pemerintah. “Kinerja pemerintah sangat dibutuhkan masyarakat. Meskipun kinerja kami ini tidak lebih dari sekadar menjalankan kewajiban,” katanya.

Bupati Ipuk Fiestiansani juga berharap kepada masyarakat, untuk memberi dukungan kepada pemerintah, dalam upaya pembangunan-pembangunan lanjutan yang akan dilaksanakan, serta program-program lainnya.

Pada kesempatan itu pula, Bupati menyinggung untuk terus-menerus melakukan reboisasi ( penghijauan) seperti di hutan, disepanjang kanan- kiri aliran sungai. Jangan menebang pohon yang nantinya bisa mengakibatkan longsor atau abrasi. Kita harus kompak untuk menghijaukan kembali Banyuwangi dengan cara menanam pohon.

“Mari kita jaga alam Kita, mari kita jaga wilayah Kita bersama-sama, galakkan penghijauan. Jangan senang menebang pohon hanya untuk kepentingan sesaat. Apalagi daerah-daerah di sekitar aliran sungai, seperti yang kita lihat bersama disamping Jembatan ini, ada pohon bambu, rawatlah pohon bambu ini dengan baik. Karena pohon bambu, salah satu pohon yang bisa menahan longsor dan juga bisa menyimpan air,” pungkas Bupati.

Sementara itu Camat Kalibaru Drs Susanto Wibowo MM pada sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih kepada Bupati Banyuwangi Hj Ipuk Fiestiandani atas diresmikannya tiga jembatan diwilayah kecamatan Kalibaru. Camat   juga menyampaikan dalam membangun infrastruktur jembatan seperti ini bukan hanya menjadi tanggung-jawab pemerintah saja namun menjadi tanggung-jawab bersama.

“Terbangunnya kembali jembatan ini menjadi bukti adanya keseriusan pemerintah daerah melalui dinas terkait untuk membangun infrastruktur bagi kelancaran mobilitas masyarakat sesuai dengan kemampuan yang ada,” terangnya.

Susanto Wibowo juga berharap kedepan dengan di fungsikannya kembali jembatan ini bisa memberikan multiplier effect positif yang tinggi dan mendukung aksesibilitas dan mobilitas pada sektor ekonomi, sektor pendidikan dan budaya, serta sektor lainnya.

“Terciptanya kondisi seperti ini diyakini mampu mendorong terjadinya peningkatan taraf kesejahteraan hidup masyarakat didua desa yakni desa Kajarharjo dan desa Kalibaruwetan. Dan terkhususnya masyarakat dusun Krajan dan masyarakat dusun Karanganyar yang sore hari ini Jembatan ini diresmikan oleh ibu Bupati,” pungkasnya.

Di tempat yang sama, kepada media ini, ucapan terimakasih juga disampaikan oleh Ketua MUI Kalibaru Gus Faizin Pengasuh Ponpes Darussalam, Ketua MWC NU kecamatan Kalibaru Lora Fathur Rozi, Kepala desa Kajarharjo Hj Tinike Eka Wayan, Kepala desa Kalibaruwetan Muhamad Taufik, SH dan ucapan terimakasih disampaikan juga oleh tokoh masyarakat desa Kajarharjo Kecamatan Kalibaru. Beliau semua memberi apresiasi kepada Pemkab Banyuwangi Hj. Ipuk Fiestiandani,S.Pd, dan juga memberikan apresiasi kepada Camat Kalibaru Drs Susanto Wibowo MM. Tak Hanya itu, ucapan terimakasih juga disampaikan kepada semua pihak Dinas terkait, kepada beberapa anggota DPRD kabupaten Banyuwangi yang telah ikut memperjuangkan pembangunan tiga  jembatan diwilayah kecamatan Kalibaru yang diakibatkan terjangan banjir bandang pada Kamis (3/11/2022).

“Kami mengucapkan sangat berterima kasih kepada Ibu Bupati Banyuwangi Hj Ipuk Fiestiandani, karena sudah membangun jembatan ini, Dan sore hari ini Jembatan Karanganyar ini sudah diresmikan oleh beliaunya.  Dengan solesainya pembangunan jembatan ini, akses masyarakat bisa kembali  normal. Yang awalnya untuk roda empat harus memutar dengan jarak tempuh yang cukup jauh, sedangkan untuk  roda dua maupun pejalan kaki melewati jembatan darurat yang dibangun oleh TNI dan Pemdes Kajarharjo. Dan sore hari ini masyarakat sudah bisa menggunakan jembatan baru, yang sudah selesai dan sudah diresmikan oleh Bupati,” ucap Gus Faizin Ketua MUI kecamatan Kalibaru.

Pantauan media ini dilokasi, pada saat peresmian jembatan Karanganyar tersebut, ratusan masyarakat juga turut hadir menyaksikan dan menyambut kehadiran Bupati Banyuwangi yang akan meresmikan jembatan tersebut.

Peresmian Jembatan tersebut, turut dihadiri oleh, Asisten 2, Staf Ahli Kemasyarakatan, Ka. Bappeda/DPU CKPP/DPU Pengairan/DPMD/Dinsos/DPMD/BPBD/Satpol PP/Camat Kalibaru, Kapolsek Kalibaru, Danramil Kalibaru, Ketua MUI Kalibaru, Ketua MWC NU Kalibaru, Kepala desa se-kecamatan Kalibaru, tokoh masyarakat, tokoh agama serta masyarakat setempat.

Berikut Daftar Jembatan di wilayah kecamatan Kalibaru yang diresmikan oleh Bupati Banyuwangi  pada :
Hari/ Tgl Jumat / 22 Desember 2023
Pukul 15.30 WIB, setelah acara Weekly Performance
(1). Jembatan Karanganyar Jalan  Kusuma RT. 02 RW. 01, desa Kajarharjo.
( 2). Jembatan Guloan Jalan Kyai Amin RT.04 RW.01 desa  Kajarharjo
( 3 ). Jembatan dusun karanggudang Jalan Joyosukarto RT 03 RW.13 desa kalibaruwetan.

[ MSHOLEH ]

 

 

 

Metrolidik.co.id

Tinggalkan Balasan